Selasa, 07 Juni 2016

Ramadhan dan Lonjakan Harga Masalah Tahunan




Ramadhan datang setiap tahun, disambut gembira, setiap tahun pula harga harga melonjak, setiap tahun pula pemerintah dibuat kelimpungan soal harga. Dan tiap tahun pula kening ibu ibu dan para istri harus mengkerut karena ini.
Ramadhan yang disambut dengan bahagia juga diiringi dengan kecemasan, karena harga harga kebutuhab pokok meningkat, sementara kebutuhan juga naik. Lupakan saja dulu baju lebaran dan hal hal mewah lainnya, tapi beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur semuanya melonjak.
Persoalan harga ini selalu terjadi setiap tahunnya. Begiti ramadhan akan tiba, saat lebaran dan pergantian tahun. Selalu begitu tiap tahunnya, berulang ulang.

Yang membuat heran, terutama kami para ibu rumah tangga, kenapa ini tak bisa ditanggulangi. Karena dengan pemikiran yang sederhana, harusnya kalau satu masalah terjadi maka kedepanya akan jadi pembelajaran, namun tampaknya tak berlaku untuk pemerintah.
Harusnya dengan kenaikan harga tahun lalu, jadi pelajaran bagaimana mengatasinta tahun ini, tahun depan, tahun depannya lagi.


Dari bincang bicang dengan dinas terkait, katanya karena spekulasi harga, karena permainan distributor, karena stok kurang, karena bla bla bla bla...
Kalau itu penyebabnya kenapa tidak dicarikan solusi? Kalau distributor nakan ya awasi, tindak, kalay stok kurang dari jauh jauh hari jan bisa dipersiapkan. Kalau begini maka bisa diatasu begitu.
Mungkin tahuj pertama tak bisa diatasi, tapu tahun kedua tentu sudah bisa, tahun depannya lagi lebih bisa dan tahun depannya lagi sudah oke. Tapi kenyataan yang ada adalah masalah itu selama sama setiap tahun dan penyelesaiannya selalu TIDAK ADA tiap tahun.

Entahlah, kadang bicara kepada pemerintah seperti melemparkan garam ke lautan, atau lebih ekstrimnya lagi, seperti bicara pada tembok. Padahal jumlah pns bertambah tiap tahun, gaji dan tunjangan naik tiap tahun namun masalah harga dari tahun ke tahun tak selesai selesai juga. Bingung saya


Kampar, 07062016

0 komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster